Dipimpin Presiden Joko Widodo, Gubernur Arinal dan Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Drajad Brima Yoga Ikuti Upacara HUT TNI ke-76

99

LGN BANDARLAMPUNG ——-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Drajad Brima Yoga bersama Forkopimda mengikuti Upacara Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke-76 secara virtual, yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara, di Halaman Makorem 043/Gatam, Bandar Lampung, Selasa (5/10/2021).

Unsur Forkopimda yang hadir yakni Kapolda Lampung Irjen Pol. Hendro Sugiatno, Danlanud Letkol Nav Yohanas Ridwan, Danlanal Kolonel Laut (P) Nuryadi, Kajati Lampung Heffinur, dan unsur Forkopimda lainnya.

Upacara HUT TNI digelar secara terpusat di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. Di lokasi upacara tampak hadir sejumlah pejabat negara, mulai dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kepala staf TNI dari tiga matra, serta menteri dari Kabinet Indonesia Maju.
Perayaan HUT TNI kali ini digelar secara terbatas, serta senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam arahannya, atas nama rakyat, bangsa dan negara, Presiden Jokowi mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun TNI Ke-76. “Saya juga menyampaikan penghargaan setingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjaga keutuhan Bangsa dan Negara,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi berbicara mengenai penanganan COVID-19. Jokowi mengibaratkan upaya melawan COVID-19 sebagai perang berlarut-larut.
“Sampai dengan hari ini kita masih berada dalam bayang-bayang pandemi COVID-19. Bila diibaratkan sebagai perang melawan virus COVID-19 saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut, perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran mental dan semangat juang, perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan sinergi dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan keberhasilan penanganan COVID-19 saat ini tidak terlepas dari peran besar TNI. Ia juga mengapresiasi TNI yang selalu profesional.
“TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk alutsista telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan,” ujar Presiden Jokowi.

BACA JUGA:  Polres Way Kanan Amankan Dua Wanita Pemakai Narkoba

Usai mengikuti Upacara HUT TNI ke-76 secara virtual, kegiatan dilanjutkan dengan acara Syukuran dalam rangka memperingati HUT TNI ke-76 di Aula A. Yani Makorem 043/Gatam.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Arinal mengucapkan selamat HUT TNI ke 76 tahun 2021, kepada seluruh anggota dan keluarga besar TNI dimanapun berada dan bertugas. “Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun TNI Ke-76. Semoga Peringatan ini dapat kita jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kinerja agar lebih baik guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi bangsa, negara dan masyarakat, khususnya di Provinsi Lampung,” ujar Gubernur Arinal.

Peringatan hari ulang tahun TNI yang yang diselenggarakan setiap tahun ini, merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan YME sekaligus sebagai upaya untuk mewarisi semangat juang, memahami keteladanan para pejuang bangsa.
“Kita mensyukuri melalui para pejuang, kita memperoleh pelajaran yang sangat berharga yaitu sikap nasionalisme, yang merupakan nilai-nilai yang amat berharga untuk dijadikan tonggak pengamanan dalam mengantisipasi globalisasi, serta menemukan jati diri bangsa yang bangkit bergerak menentukan masa depan dengan penuh keyakinan,” ujar Gubernur Arinal.

Dengan semangat kebangsaan dan nasionalisme, lanjut Gubernur Arinal, diharapkan bangsa Indonesia dapat menghadapi berbagai tantangan, secara simultan dan konsisten menghasilkan karya-karya pembangunan guna mewujudkan cita-cita bangsa, Negara dan juga daerah.

Akselerasi pembangunan diberbagai sektor kehidupan saat ini terus dipercepat pelaksanaannya, sehingga tingkat pemerataan pembangunan dari hulu hingga hilir dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, sehingga mampu mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya.
“Tentunya, dalam proses perjalanan pembangunan tersebut, Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, diperlukan dukungan dan kerjasama semua pihak, tanpa terkecuali Institusi TNI yang merupakan garda terdepan dalam penanganan pengamanan di Provinsi Lampung. Terlebih, di masa pandemi Covid-19, kita harus tetap bersinergi untuk bersama-sama memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” jelasnya.

BACA JUGA:  Kemenangan Dendi-Marzuki Merupakan Kemenangan Seluruh Masyarakat Pesawaran

Sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo saat Rapim TNI/ POLRI Tahun 2021, bahwa TNI/ POLRI berperan dalam mendukung dan mengupayakan percepatan penanganan COVID-19 serta pemulihan ekonomi nasional sangat dibutuhkan.

“Untuk itu, saya berharap TNI/ POLRI berperan aktif dalam mendukung pemulihan usaha dan investasi yang kondusif sehingga tercipta pemulihan ekonomi guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Lampung,” harap Gubernur Arinal.

Melalui kesempatan tersebut, Gubernur mengucapkan terimakasih kepada jajaran TNI, karena hingga saat TNI tetap menunjukkan dedikasi, loyalitas dan integritas yang tinggi. “Sehingga dapat mewujudkan situasi Kamtibmas yang tetap kondusif di tengah keberagaman, dalam rangka mendukung pembangunan nasional umumnya dan Provinsi Lampung,” ujarnya. (Adpim)

Facebook Comments