Kemendagri Uraikan Alasan Pentingnya Pemerintah Daerah Melakukan Inovasi

88

JAKARTA  – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Litbang Kemendagri), Agus Fatoni mengungkapkan sejumlah alasan pentingnya pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan inovasi. Menurutnya, pemda perlu melakukan terobosan kebijakan agar dapat memberikan sumbangsih bagi negara, salah satunya dengan mendongkrak capaian posisi Indonesia dalam _Global Competitiveness Index_ (GCI) serta _Global Innovation Index_ (GII). Selain itu, sebagai upaya untuk memanfaatkan peluang terhadap tren peningkatan pengguna seluler dan internet di Indonesia. “Penguna ponsel dan internet cukup banyak. Bahkan penggunaan seluler melebihi jumlah penduduk. Peluang inilah yang harus ditangkap pemda melalui inovasi,” ujar Fatoni ketika menjadi narasumber Podcast Rabu Belajar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Rabu, 15 September 2021.

Fatoni melanjutkan, faktor lain yang menyebabkan pemda penting berinovasi adalah untuk mempercepat tujuan pelaksanaan otonomi daerah. Secara umum, kata dia, tujuan otonomi daerah itu tiga, yaitu untuk meningkatkan pelayanan publik, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta meningkatkan daya saing daerah. Di sisi lain, Fatoni menambahkan urgensi bagi pemda agar berinovasi, untuk mempercepat capaian sasaran otonomi daerah baik di bidang administrasi maupun politik. “Dalam konteks ini, inovasi dilakukan dalam rangka mengubah _mindset,_ tata kelola, dan pelayanan publik,” tambahnya.

Fatoni juga menambahkan, tuntutan zaman yang serba cepat mendorong dibutuhkannya perubahan budaya kerja baru di lingkungan pemerintah, yakni dengan bekerja secara efektif, totalitas, dan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, penting pula untuk menerapkan prinsip kolaborasi, serta pola pikir untuk membahagiakan dan melayani masyarakat. Untuk mewujudkan perubahan-perubahan tersebut, kata Fatoni, pemda harus melakukan inovasi.

Di sisi lain, Fatoni mengatakan inovasi juga perlu diterapkan oleh pemda agar dapat memperbaiki pelayanan publik. Melalui terobosan tersebut, diharapkan dapat mendukung terciptanya pelayanan lebih cepat, lebih mudah, lebih pintar, lebih nyaman, lebih baik dan lebih murah. Inovasi juga perlu dilakukan untuk mempercepat tercapainya visi misi pemerintah dan sinergitas antara pusat dan daerah. “Langkah tersebut sekaligus untuk mempercepat tercapainya tujuan visi misi Indonesia, serta untuk memperkuat sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” pungkasnya.

Facebook Comments
BACA JUGA:  Bantuan Tunai 2021, Presiden: Disalurkan Langsung Tanpa Potongan Apapun