PD IWO Kabupaten Tanggamus Mengikuti Vaksinasi Covid-19

83

TANGGAMUS – LGNEWS.COM  – Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Kabupaten Tanggamus mengikuti vaksinasi Covid-19 bagi wartawan, di Puskesmas Pasar Simpang Pekon Kagungan, Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus, Jumat (9/4/2021).

Vaksinasi covid-19 khusus untuk kalangan jurnalis yang bertugas di Kabupaten Tanggamus itu, difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus melalui Puskesmas Kota agung Timur diikuti total sebanyak 39 selama 2 hari berturut-turut, dari target pendaftar sebanyak 120 jurnalis dari berbagai media dan organisasi profesi kewartawanan.

Menurut Dwi Widia Astuti, Penanggungjawab Program Vaksinasi Covid-19, Puskesmas Pasar Simpang, vaksinasi bagi wartawan dilaksanakan dua hari, Kamis dan Jumat (8 dan 9 April 2021) dengan sasaran 120 orang.

“Vaksinasi untuk wartawan dilakukan selama dua hari. Ini adalah penyuntikan dosis pertama, vaksin yang digunakan Sinovac,” ujar Dwi, mewakili Kepala UPT Puskesmas Pasar Simpang dr. Linda M Aritonang.

Selanjutnya saat pelaksanaan, dari 120 wartawan yang sudah mendaftar divaksin, hanya 39 wartawan yang sudah melaksanakan vaksinasi. Untuk hari pertama 14 wartawan dan hari kedua 25 wartawan.

PD IWO Tanggamus bersma KUPT dan tim vaksinasi covid-19 Puskesmas Kota agung Timur
“Sebelum pelaksanaan vaksinasi setiap yang akan divaksin discreening. Diperiksa tekanan darah, suhu tubuh, tanya jawab penyakit atau keluhan yang pernah dialami. Serta pernyataan setuju untuk divaksin,” ungkapnya.

Lalu, lanjut Dewi, observasi selama 30 menit untuk melihat apakah ada gejala berat yang timbul pasca vaksinasi saat itu. Di luar itu Puskesmas Pasar Simpang juga adakan kontak nomor jika timbul gejala berat lainnya setelah lewat masa observasi.

“Dalam pelaksanaan, ada juga yang ditunda karena hasil screening belum bisa dilakukan. Dan secara umum pelaksanaan vaksinasi bagi wartawan berlangsung lancar. Selanjutnya tinggal tunggu pemberian dosis kedua, intervalnya 14 hingga 28 hari ke depan, dan akan diberikan informasi kembali,” lanjutnya.

BACA JUGA:  Menteri BUMN Kunjungan Kerja di Lampung, Tinjau Penanaman Bibit Jagung Non Subsidi

Sementara Dewan Etik PD IWO Tanggamus Albertus Yogy Pratama mengatakan, dari 14 anggota PD IWO Tanggamus ada 4 anggota yang tidak ikut vaksinasi dikarenakan kondisi kesehatan.

“Sedangkan untuk keluhan yang dirasakan cenderung bersifat umum, seperti pegal dan mengantuk serta cepat merasakan lapar. Jadi jangan takut divaksin, demi keselamatan kita semua dalam memutus penyebaran virus covid-19 di wilayah kita,” pungkas Yogy (Tim)

Facebook Comments