Usai bagikan Bantuan Bersama IKAPPI Provinsi, RPA Mesuji adakan Pembekalan dan Raker

74

MESUJI – LGNEWS.COM  – Pengurus Wilayah Rumah Perempuan dan Anak (RPA) Provinsi dan Pengurus Cabang RPA Kabupaten Mesuji bersama dengan Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Provinsi Lampung membagikan bahan pangan kepada 20 perempuan pedagang pasar (PPP) yang dilaksanakan di pasar Desa Tanjung Menang, Mesuji Timur, Mesuji. Minggu (28/02).

Hadir dalam pembagian bantuan tersebut, yakni Ketua IKAPPI Provinsi Lampung Jihan Nurlela, Ketua RPA Lampung Enny Puji Lestari, Ketua RPA Mesuji Lianah, dan didampingi oleh pengurus IKAPPI Lampung, RPA Provinsi serta pengurus RPA Mesuji lainnya.

Ketua IKAPPI Provinsi, Jihan Nurlela menyampaikan, kami disini hadir berkolaborasi bersama PW RPA Provinsi dan juga PC RPA Kabupaten Mesuji yang merupakan organisasi kemasyarakatan bergerak di bidang sosial.

“Atas dasar tugas organisasi dan bergerak di bidang sosial, ibu-ibu yang menjadi tulang punggung keluarga menjadi kategori kami dalam melakukan pemberdayaan, agar menjadikan ekonomi yang lebih makmur,” ujarnya.

“Semoga apa yang kami inisiasi dapat menjadikan semangat untuk tetap tangguh dan mandiri,” tambah Jihan Nurlela yang juga Anggota DPD RI asal Lampung.

Menurut ketua RPA Lampung, Enny Puji Lestari mengatakan bahwa kami bersama dengan IKAPPI Provinsi Lampung berkolaborasi untuk membagikan bantuan yang saat ini kami prioritaskan kepada lansia dan juga sebagai tulang punggung keluarga.

“Dari 20 orang yang kami bagikan bantuan tersebut, nantinya akan kami tindak lanjuti dengan pemberdayaan berupa pelatihan dan tentunya hal ini sebagai bentuk silaturrahim,” ungkapnya.

Usai membagikan bantuan bersama dengan IKAPPI Lampung, RPA Mesuji melaksanakan acara Pembekalan dan Rapat Kerja di Desa Tanjung Menang, Mesuji Timur, dengan mengusung tema Meneguhkan Solidaritas dan Soliditas Internal Menuju Kinerja yang Produktif.

BACA JUGA:  Perkuat Gerakan "Siger", TP PKK LAMPUNG Laksanakan Baksos dan Edukasi Prokes

Dalam sambutannya, Ketua RPA Mesuji, Lianah mengatakan bahwasannya Kabupaten Mesuji masih sangat baru, oleh sebab itu kami mohon bimbingan ekstra serta arahannya kepada RPA Provinsi agar RPA Mesuji dapat berjalan dan bersinergi menuju kinerja yang produktif. Ucapnya.

Sekretaris Desa, Iskandar mengatakan, atas nama pemerintahan desa tanjung menang mengucapkan terima kasih banyak tentang kegiatan pembekalan dan rapat kerja yang dilaksanakan disini. Karena ini merupakan hal baru, maka kami cukup menyimak dan bersyukur, nantinya dapat membantu menyampaikan kepada masyarakat. Ujarnya.

Ketua RPA Lampung, Enny Puji Lestari mengatakan, RPA hadir ditengah masyarakat untuk melakukan pendampingan dan juga pemberdayaan. Insya Allah sampai dengan tuntas dan membangun sinergitas dengan stakeholder khususnya di wilayah pemerintahan, agar RPA dapat bergandengan tangan dalam melakukan pendampingan dan juga pemberdayaan.

“Hampir setiap hari ada kasus pelecehan seksual di seluruh kabupaten yang ada di Lampung. Dengan ini kami akan memberikan edukasi terhadap perempuan dan anak khusus tentang pendidikan seks. Karena, hal ini salah satu yang penting dan sebenarnya harus dimulai dari bangku sekolah dasar,” ucapnya.

Enny menambahkan, RPA dapat menjadi kader penggerak pendamping pemberdayaan khususnya bagi perempuan dan anak dengan menggaungkan Stop Kekerasan dan Stop Pernikahan Dini. Untuk program kerja, dirinya berharap agar di desain sesuai dengan program prioritas yang ditinjau dari kebutuhan masyarakat sekitar dan yang menjadi tren di Mesuji.

“Kami menggaungkan stop kekerasan stop pernikahan dini. Ditambah lagi di tengah dampak wabah Covid-19 dengan melemahnya perekonomian, maka meningkat pula tingkat pernikahan dini. Maka hal ini menjadi PR besar bagi kita semua yang hari ini menjadi penggerak di RPA,” tambah ketua RPA Lampung.

BACA JUGA:  Bupati Way Kanan Mengahadiri Pembukaan Bimbingan Teknis HI

“Terkait dengan program kerja, saya berharap agar didesain dan dibuat sesuai dengan program prioritas, ditinjau dari kebutuhan masyarakat sekitar. Apa saja yang menjadi tren dari kabupaten Mesuji itu sendiri. Tidak perlu copy paste dari Kabupaten yang lain terkait dengan program kerja. Maka, visi misi disesuaikan dengan kebutuhan di Kabupaten itu sendiri,” tutup Enny. (Rls).

Facebook Comments