Liputan Global News

Mahasiswa FH Raih Juara 2 Essay Opinion di Adigama Festival 2024

(Unila): Fakultas Hukum (FH) Universitas Lampung (Unila) terus menunjukkan keunggulan dalam mencetak mahasiswa berprestasi di bidang hukum. Salah satu bukti terbaru adalah keberhasilan Faisal Alsy, mahasiswa FH Unila, yang meraih predikat juara 2 dalam kompetisi Essay Opinion, di Adigama Festival 2024.

Faisal Alsy, yang akrab disapa Alsy, menulis essay berjudul “Penerapan Partisipasi Masyarakat yang Bermakna (Meaningful Participation) dalam Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan: Langkah Membangun Pilar Demokrasi dan Menjaga Hak Asasi Manusia (HAM)”.

Dalam essay tersebut, Alsy membahas pentingnya partisipasi masyarakat bermakna dalam proses pembentukan peraturan di Indonesia, yang saat ini dinilai masih sebatas partisipasi formal tanpa kedalaman makna.

“Opini saya dilatarbelakangi permasalahan UU Cipta Kerja dan UU Kesehatan yang sempat menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah perlu memaksimalkan potensi untuk menerapkan meaningful participation secara efektif, salah satunya melalui konsep open parliament,” ujar Alsy saat diwawancarai, Senin, 8 Juli 2024.

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent News