Pemprov Lampung Terima Tiga Penghargaan pada TTG Nusantara XXIII Tahun 2022

53

LGNEWS  Cirebon–Komitmen Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi terhadap Teknologi Tepat Guna (TTG) berbuah Tiga Penghargaan yang diraih provinsi Lampung pada gelaran TTG Nusantara XXIII di Cirebon, Jawa Barat.

Bahkan, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar, mengapresiasi terobosan inovasi e-voting yang dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung.

Menurutnya, prinsip dari inovasi adalah untuk mengoptimalkan potensi yang ada dengan hasil maksimal dan menekan biaya produksi atau bisa melakukan efisiensi.

Menteri Abdul Halim bahkan mencoba langsung inovasi e-voting yang sudah beberapa waktu terakhir digunakan oleh Pemprov Lampung untuk pelaksanaan Pilkades Serentak di Provinsi Lampung.

“Ini menarik sekali, bisa diterapkan dan digunakan di semua daerah, tentunya bisa untuk efisiensi,”ujar Gus Menteri saat singgah di stan Pemprov Lampung di Gelar TTG XXIII yang dilaksanakan di Cirebon, Rabu (19/10).

Apalagi setelah mencoba langsung cara kerja alat tersebut, ia lalu diberikan sebuah kartu yang berisi identitas dan chip sebagai salah satu syarat untuk melakukan e-voting.

“Ini mudah, sekali tempel, keluar menu pilihan dan nanti ada bukti pilihannya yang dicetak melalui mesin printer mini,” ujarnya.

“Selamat untuk Lampung, keren sekali inovasinya,”tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMDT Provinsi Lampung, Dr Zaidirina SE MSi yang dalam kesempatan tersebut mewakili Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan bahwa Gubernur Lampung sangat _concern_ dengan teknologi tepat guna di desa-desa.

Sehingga Gubernur menginstruksikan kepada Dinas PMDT Lampung untuk selalu melakukan pendataan, pembinaan dan pengembangan terkait inovasi dibidang teknologi.

“Kita tanpa lomba atau ada lomba tetap rutin melakukan pengembangan dan pendampingan, ini sesuai dengan instruksi Pak Gubernur yang memang sejak dulu _concern_ pada hal-hal seperti ini, para inovator ini kita arahkan agar bisa optimal,” jelasnya.

BACA JUGA:  Peringati Hari Air Sedunia, Kemendagri Gelar Webinar Tekankan Pentingnya Pengelolaan Air Minum

Dari kondisi tersebut juga akhirnya Provinsi Lampung siap ketika ada lomba TTG Nusantara dan bisa berbicara banyak. Bahkan tahun lalu kata dia, Provinsi Lampung keluar sebagai juara.

“Tahun ini kita bawa pulang tiga penghargaan, untuk juara satu nya kita didapuk dapat penghargaan untuk kategori teknologi tepat guna unggulan dimana Provinsi Lampung berhasil menjadi juara pertama yang diwakili Oleh Kabupaten Tulang Bawang Barat”, terangnya.

“Kebetulan saya ini Pj Bupati Tulang Bawang Barat, jadi ada kebanggan tersendiri karena wilayah yang kita kawal berhasil menunjukan prestasi Nasional,” katanya.

Untuk kategori TTG inovasi, Provinsi Lampung juga berhasil meraih juara ketiga yang juga diwakili oleh Kabupaten Tulang Bawang. Sementara untuk TTG kategori Posyantek (Pos Pelayanan Tekhnologi) yang diwakili oleh Lampung Tengah berhasil meraih juara kedua.

“Dari tiga kategori kita berhasil mendapat juara, mudah-mudahan nanti kita bisa menyabet juara umum, tahun lalu Lampung itu juara umum untuk tekhnologi tepat guna, jadi kalau tahun ini masuk lagi, kita ini tahun kedua,” ungkapnya.

Lampung juga kata Pj Bupati Tulang menjadi salah satu kandidat tuan rumah pelaksanaan TTG Nusantara tahun depan atau TTG Nusantara XXIV. Lampung menjadi salah satu kandidat kuat bersama Jawa Timur yang nanti akan diputuskan dalam TTG Nusantara XXIII.

Facebook Comments